2014/10/20

Simple Thinking About Blood Type





Beberapa minggu yang lalu aku baru aja minjam buku dari salah seorang temenku. Buku ini cukup menarik jika dilihat dari sampulnya aja, makanya aku penasaran untuk mengetahui lebih banyak apa isi buku ini juga lebih menarik lagi atau malah biasa-biasa aja. Yah, Buku Simple Thinking About Blood Type ini ditulis oleh salah satu komikus yang berasal dari Korea Selatan, Park Dong-Sun, seorang lulusan universitas Gyeongbuk di jurusan Visual Information Design, dimana ia tertarik untuk menulis tentang golongan darah dan keidentikannya dengan manusia setelah melihat para junior maupun teman-teman sekitar yang ada di universitasnya berkumpul, mengobrol bersama, dan membicarakan tentang golongan darah. Hasilnya, buku ini dikemas dengan sangat sederhana namun tetap menarik bagi para pembacanya.



Nah, berhubung si Park Dong-Sun ini adalah seorang komikus, maka tulisan-tulisan yang ada di dalamnya dipadukan dengan gambar-gambar ilustrasi tentang golongan darah, dimana kita gak akan cepet bete menikmati buku ini. Ditambah buku ini disajikan dengan bahasa-bahasa yang tentunya sangat bersahabat, khas buku komik-komik gitu, jadi sangat mudah untuk dipahami. Aku sendiri sebagai pembacanya sangat-sangat tertarik dengan isi buku ini karena tak sedikit juga humor-humor yang diselipkan oleh penulisnya, dimana kita bisa melihat hal-hal atau keunikan-keunikan yang dimiliki setiap golongan darah itu sendiri.



Melalui buku ini, Park ingin menyampaikan kepada para pembacanya bahwa dalam bergaul dalam masyarakat, hal yang terpenting adalah mengetahui cara menjalin hubungan dengan orang yang berbeda sifat dan karakter. Jika dipikirkan serius, setiap masalah dalam pergaulan disebabkan oleh ketidakmampuan untuk memahami dan menerima satu sama lain. Park juga mengungkapkan sendiri bahwa buku ini tidak sepenuhnya benar, tetapi setelah selama lima tahun menulis buku ini, buku ini udah ngebantu doi dalam bergaul dengan orang lain dan memahami sifat seseorang.



Di dalam buku ini, dijelaskan bahwa manusia yang mempunyai golongan darah tertentu tidak hanya mewarisi karakteristik yang dimiliki oleh golongan darah yang ia punya aja, tapi juga ada semacam characterisitic mixing  dengan golongan darah yang lain yang diturunkan oleh orang tuanya sendiri. Sebagai contoh, misalkan teman-teman punya golongan darah B, karena diwarisi dari ayahnya. Namun teman teman tidak sepenuhnya punya karatersitik golongan darah B, karena berhubung ibunya teman-teman punya golongan darah A, maka karakterstik golongan darah A pun ada di diri teman-teman juga, kira-kira begitu sih.


Well, percaya gak percaya, aku pribadi sih hanya sekedar ingin menikmati buku ini sebagai penghilang stress karena isinya yang menarik dan terkadang mengundang senyum spontan karena banyolan-banyolannya, hehe. Selanjutnya, itu terserah kepada teman-teman sendiri ingin menilai buku ini seperti apa, yang jelas buku ini salah satu yang recommended di list-ku untuk dibaca. Sekian aja bahasan singkat tentang buku ini dan untuk lebih detail lagi, silahkan teman-teman baca buku ini sendiri dan berikan penilaian sesuai pandangan masing-masing yah! ^_^  




No comments:

Post a Comment